1.
Bandingkan model
Pembelajaran pemecahan masalah , model pembelajaran berdasarkan (PBI dan PBL)
2.
Bandingkan sama atau tidak
3.
Pengertian, ciri-ciri,
langkah
Jawab
1.
Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI)
disebut juga Pembelajaran berdasarkan Masalah. Model Pembelajaran ini merupakan
model pembelajaran yang mengikuti pola Top-Down. Pembelajaran yang demikian ini
merupakan implementasi dari teori belajar konstuktivisme.Pembelajaran ini
adalah memecahkan masalah keseharian (authentik) sehingga si anak sudah
dibiasakan dengan situasi sehari-harinya. Dalam pembelajaran ini siswa mencari
masalah yang diberikan guru, setelah anak menemukannya guru melakukan refleksi
atau evaluasi terhadap penyelidikan dan proses yang digunakan.
Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan
suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk memecahkan masalah melalui
tahap-tahap metode ilmiah sehingga siswa dapat mempelajari pengetahuan yang
berhubungan dengan masalah tersebut dan sekaligus memiliki keterampilan untuk
memecahkan masalah. Titik awal dari
Pembelajaran ini berdasarkan masalah dalam kehidupan nyata dan lalu dari
masalah ini siswa dirangsang untuk mempelajari
masalah ini berdasarkan pengetahuan dan pengalaman baru.
2.
Pada dasarnya PBI dan PBL
adalah sama yakni suatu proses pembelajaran terhadap suatu masalah. Yang
nantinya si anak akan tertantang
mengajukan suatu gagasan. Akan tetapi dalam prosesnya ada sedikit perbedaan,
seperti
©
Dalam pembelajaran PBI guru
meyuruh si anak untuk mencari suatu masalah (memusatkan pada masalah kehidupa) ,
setelah itu guru akan melakukan
evaluasi terhadap penyelidikan dan proses yang digunakan oleh sianak tersebeut.
©
Sedangkan dalam
pembelajaran PBL, anak disuruh untuk mempelajari suatu masalah berdasarkan
pengetahuan dan pengalaman.
3.
Pengertian :
§
Probel
Based Introduction (PBI) adalah Proses Pembelajaran terhadap suatu masalah
yang cara penyelesaian nya lebih menitik beratkan kepada kreatifitas dan
keterampilan , seperti merumuskan masalah dengan membentuk kelompok kecil,
memberikan gagasan-gagasan, melakukan penelitian, berdiskusi dan melakukan
perentasi.
§
Problem Based Learning (PBL) adalah proses pembelajaran yang titik
awal pembelajaran berdasarkan masalah dalam kehhidupan nyata dan lalu dari
masalah ini siswa dirangsang untuk mempelajari masalah ini berdasarkan
pengetahuan dan pengalaman yang telah mereka punyai sebelumnya, sehingga dari
pengalaman sebelumnya ini akan terbentuk
pengalaman baru.
Langkah-langkah :
PBI
§
Guru menjelaskan tujuan
Pembelajaran, menjelaskan logistik yang dibutuhkan, memotivasi siswa terlibat
dalam aktivitas pemecahan masalah.
§
Guru membantu siswa
mengorganisasi tugas belajar yang berhubungan
masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
§
Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan
informasi yang sesuai , melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan
dan pemecahan masalah, pengumpulan data,hipotesis, pemecahan masalah.
§
Guru membantu siswa dalam
merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu
mereka berbagi tugas dengan teman nya.
§
Guru membantu siswa
melakukan evaluasi terhadap proses dan penyelidikan yang mereka gunakan.
PBL
*. Adanya masalah yang harus dipecahkan atau
diari pemecahan nya oleh siswa
*. Masalah tersebut didapat dari guru ataupun
dari siswa itu ssendiri.
*. Analisis data
*. Pemecahan masalah berdasaran analisis data
*. Memilih cara penyelesaian masalah
*. Melakukan tindakan untuk memecahkan
masalah
Ciri-Ciri :
PBI
1.
PBI merupakan rangkaian
aktivitas pembelajaran, artinya dalam
implementasi PBI ada sejumlah kegiatan yang harus dilakukan siswa
2.
Aktivtas pembelajaran
diarahkan untuk menyelesaikan masalah . PBI menempatkan masalah sebagai kata
kunci dari Proses Pembelajara, Artinya tanpa masalah tidak akan ada
Pembelajaran
3.
Pemecahan masalah dilakukan
dengan menggunakan pendekatan berfikir secara ilmiah. Berfikir secara ilmiah
adalah proses berfikir deduktif dan induktif
PBL
1.
Mengorientasikan siswa
kepada masalah autentik dan menghindari pembelajaran terisolasi
2.
Berpusat pada siswa dalam
jangka waktu lama
3.
Menciptakan pembelajaran
interdisiplin
4.
Penyelidikan masalah
autentik yang terintegarasidengan dunia nyata dan pengalaman praktis
5.
Informasi baru diperoleh
lewat belajar mandiri
tulisan nya bermanfaat sekali. boleh tau gk referensinya ddapat dari mana???
BalasHapus