Assalamualaikum.Wr. Wb. Semoga Kalian semua betah dirumah maya saya, dan saya berharap apa yang saya posting bisa berguna bagi anda

Rabu, 25 Januari 2012

SOAL


1.       Bandingkan model Pembelajaran pemecahan masalah , model pembelajaran berdasarkan  (PBI dan PBL)
2.       Bandingkan sama atau tidak
3.       Pengertian, ciri-ciri, langkah

Jawab
1.       Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) disebut juga Pembelajaran berdasarkan Masalah. Model Pembelajaran ini merupakan model pembelajaran yang mengikuti pola Top-Down. Pembelajaran yang demikian ini merupakan implementasi dari teori belajar konstuktivisme.Pembelajaran ini adalah memecahkan masalah keseharian (authentik) sehingga si anak sudah dibiasakan dengan situasi sehari-harinya. Dalam pembelajaran ini siswa mencari masalah yang diberikan guru, setelah anak menemukannya guru melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan dan proses yang digunakan.
Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk memecahkan masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah sehingga siswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah tersebut dan sekaligus memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah.  Titik awal dari Pembelajaran ini berdasarkan masalah dalam kehidupan nyata dan lalu dari masalah ini siswa dirangsang untuk mempelajari  masalah ini berdasarkan pengetahuan dan pengalaman baru.
2.       Pada dasarnya PBI dan PBL adalah sama yakni suatu proses pembelajaran terhadap suatu masalah. Yang nantinya si anak  akan tertantang mengajukan suatu gagasan. Akan tetapi dalam prosesnya ada sedikit perbedaan, seperti
©  Dalam pembelajaran PBI guru meyuruh si anak untuk mencari suatu masalah (memusatkan pada masalah kehidupa) , setelah itu    guru akan melakukan evaluasi terhadap penyelidikan dan proses yang digunakan oleh sianak tersebeut.
©  Sedangkan dalam pembelajaran PBL, anak disuruh untuk mempelajari suatu masalah berdasarkan pengetahuan dan pengalaman.
3.       Pengertian :
§   Probel Based Introduction (PBI) adalah Proses Pembelajaran terhadap suatu masalah yang cara penyelesaian nya lebih menitik beratkan kepada kreatifitas dan keterampilan , seperti merumuskan masalah dengan membentuk kelompok kecil, memberikan gagasan-gagasan, melakukan penelitian, berdiskusi dan melakukan perentasi.
§  Problem Based Learning (PBL) adalah proses pembelajaran yang titik awal pembelajaran berdasarkan masalah dalam kehhidupan nyata dan lalu dari masalah ini siswa dirangsang untuk mempelajari masalah ini berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang telah mereka punyai sebelumnya, sehingga dari pengalaman sebelumnya ini  akan terbentuk pengalaman baru.

Langkah-langkah :
PBI
§  Guru menjelaskan tujuan Pembelajaran, menjelaskan logistik yang dibutuhkan, memotivasi siswa terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah.
§  Guru membantu siswa mengorganisasi tugas belajar yang berhubungan  masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
§  Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai , melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data,hipotesis, pemecahan masalah.
§  Guru membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan teman nya.
§  Guru membantu siswa melakukan evaluasi terhadap proses dan penyelidikan yang mereka gunakan.
PBL
*.     Adanya masalah yang harus dipecahkan atau diari pemecahan nya oleh siswa
*.     Masalah tersebut didapat dari guru ataupun dari siswa itu ssendiri.
*.     Analisis data
*.     Pemecahan masalah berdasaran analisis data
*.     Memilih cara penyelesaian masalah
*.     Melakukan tindakan untuk memecahkan masalah

Ciri-Ciri :
PBI
1.       PBI merupakan rangkaian aktivitas pembelajaran, artinya  dalam implementasi PBI ada sejumlah kegiatan yang harus dilakukan siswa
2.       Aktivtas pembelajaran diarahkan untuk menyelesaikan masalah . PBI menempatkan masalah sebagai kata kunci dari Proses Pembelajara, Artinya tanpa masalah tidak akan ada Pembelajaran
3.       Pemecahan masalah dilakukan dengan menggunakan pendekatan berfikir secara ilmiah. Berfikir secara ilmiah adalah proses berfikir deduktif dan induktif

PBL
1.       Mengorientasikan siswa kepada masalah autentik dan menghindari pembelajaran terisolasi
2.       Berpusat pada siswa dalam jangka waktu lama
3.       Menciptakan pembelajaran interdisiplin
4.       Penyelidikan masalah autentik yang terintegarasidengan dunia nyata dan pengalaman praktis
5.       Informasi baru diperoleh lewat belajar mandiri  

1 komentar:

  1. tulisan nya bermanfaat sekali. boleh tau gk referensinya ddapat dari mana???

    BalasHapus